Profil Perusahaan Dalam Proposal Berisi

Profil Perusahaan Dalam Proposal Berisi 5 Poin Penting Ini

Profil perusahaan dalam proposal berisi informasi nama dan alamat perusahaan. Tujuan dari dibuatnya profil ini adalah untuk memperkenalkan perusahaan ke orang-orang di ruang lingkup bisnis mereka, terutama di kalangan konsumen dan investor penanam modal.

Selain informasi detail mengenai alamat dan nama perusahaan, profil perusahaan dalam proposal berisi juga tentang detail kelebihan atau value yang dimiliki perusahaan serta tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

Dalam berbisnis, adanya profil perusahaan ini sangat penting untuk menunjang kelangsungan hidup perusahaan. Proposal bisnis yang berisi profil perusahaan yang bagus dan menarik tentu akan membuat para investor penanam modal jadi semakin percaya untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.

Pengertian Proposal Bisnis

Dari pengertian singkat profil perusahaan diatas, pembaca pasti sudah memahami apa itu proposal bisnis. Proposal adalah salah satu bentuk pengajuan atau penawaran ide dan gagasan terhadap pihak tertentu. Disini proposal diajukan oleh perusahaan sebagai pihak pertama ke investor atau perusahaan lain sebagai pihak kedua.

Tujuan adanya proposal ini biasanya untuk menggaet investor atau sekedar mencari perusahaan yang punya visi misi sama untuk diajak bekerja sama. Untuk pembaca yang baru mengenal proposal dan bingung bagaimana cara membuatnya, silahkan simak dengan seksama pembahasaan dibawah ini.

Struktur Penulisan Proposal Yang Menarik

Profil perusahaan dalam proposal berisi

Dalam menyusun proposal, ada bagian-bagian penting yang tidak boleh pembaca lewatkan. Seperti halnya sales page yang umumnya berisi kalimat-kalimat promosi, dalam proposal juga harus memuat hal yang kurang lebih sama. Hanya saja struktur penulisannya yang sedikit berbeda.

Berikut ini bagian-bagian proposal bisnis yang harus pembaca pahami:

1. Pofil perusahaan

Di bagian pertama proposal bisnis ada profil perusahaan yang menjelaskan secara detail tentang perusahaan tersebut, mulai dari nama, alamat, skema bisnis, hingga kelebihan-kelebihan perusahaan yang tidak dimiliki kompetitor.

Umumnya, profil perusahaan dalam proposal berisi data internal mencakup hal-hal dibawah ini:

  • Nama legal bisnis (CV, PT, perseorangan, dan lain sebagainya)
  • Alamat lengkap perusahaan
  • Tanggal berdirinya perusahaan
  • Informasi singkat tentang visi misi perusahaan
  • Alamat Email
  • Alamat website
  • Akun sosial media
  • Informasi kontak lainnya

2. Pendahuluan

Profil perusahaan dalam proposal juga harus berisi pendahuluan. Di bagian ini, pembaca bisa menjelaskan lebih detail tentang visi misi dari perusahaan yang mengajukan proposal. Umumnya, pendahuluan dalam proposal berisi kata pengantar dan tujuan dari dibuatnya proposal bisnis tersebut.

Jika ingin mengajukan kerjasama, jelaskan niatan tersebut secara detail di bagian ini. Pembaca juga bisa memaparkan apa saja kelebihan dan value yang dimiliki perusahaan kepada calon investor.

3. Strategi kreatif

Bagian ini termasuk salah satu pembuka dari isi proposal bisnis perusahaan. Pada umumnya, strategi kreatif dalam proposal berisi langkah-langkah yang ingin dicapai oleh kedua belah pihak beserta cara untuk mencapainya.

Misalkan jika perusahaan ingin menggaet investor untuk salah satu project terbaru mereka, maka perusahaan tersebut harus bisa meyakinkan para investor agar mau melakukan investasi di perusahaan tersebut. Strategi pemasaran menjadi poin penting yang perlu dimiliki pihak perusahaan agar bisa mencapai hal ini.

The client may be king, but he’s not the art director – Percayalah dengan ide dan gagasan yang kamu miliki.

Von R. Glitschka

4. Analisa kebutuhan

Langkah selanjutnya dalam menyusun proposal bisnis perusahaan adalah menjabarkan langkah atau strategi yang akan dilakukan perusahaan untuk bisa mencapai tujuannya tadi. Setelah semua strategi disusun dengan baik, langkah selanjutnya adalah mendeskripsikan kebutuhan (biaya) yang dibutuhkan dalam project yang akan dibuat.

Umumnya, deskripsi analisis kebutuhan dalam proposal berisi anggaran biaya yang dijabarkan secara detail beserta cara pengalokasiannya. Semakin efektif analisa kebutuhan yang dijelaskan, maka investor akan semakin tertarik untuk menyetujui proposal yang perusahaan ajukan.

5. Penutup

Penutup merupakan bagian terakhir dalam proposal perusahaan yang tidak boleh dilewatkan. Di awal bagian ini biasanya berisi poin-poin kesepakatan antara pihak perusahaan dengan investor atau pihak lain yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengikat kerjasama antara kedua belah pihak yang tentunya bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai profil perusahaan dalam proposal berisi apa saja. Setelah membaca ulasan diatas, tentu pembaca sudah paham apa itu proposal perusahaan dan bagian-bagiannya.

Artikel kali ini juga sekaligus menjawab soal ujian yang sering kali muncul di sekolah-sekolah. Pertanyaan tersebut biasanya berupa pilihan ganda dengan bunyi soal seperti berikut:

Profil Perusahaan Dalam Proposal Berisi…

A. Penjadwalan kegiatan

B. Informasi usaha

C. Kriteria pelanggan

D. Biodata perusahaan

Jawaban yang benar adalah D. Biodata perusahaan. Mudah kan, semoga ulasan diatas bisa membantu pembaca yang ingin menyelesaikan soal ujian maupun yang akan membuat proposal perusahaan.

FAQ – Pertanyaan Terkait Profil Perusahaan Dalam Proposal

Implementasi proyek dalam proposal berisi?

Umumnya, implementasi proyek dalam proposal berisi penjadwalan kegiatan. Jadwal yang dimaksud disini adalah pengaturan alat produksi, jumlah sumber daya, serta perencanaan seluruh proses terkait hal tersebut.

Anggaran biaya dalam proposal berisi?

Sesuai namanya, anggaran biaya mencakup semua monitoring transaksi keuangan. Termasuk perkiraan biaya, tarif, dan perencanaan dana yang akan digunakan dalam project perusahaan.

Strategi kreatif dalam proses berisi?

Strategi kreatif dalam proses umumnya berisi gagasan atau ide kreatif yang unik. Ide-ide inilah yang nantinya dituangkan dalam pembuatan proposal bisnis perusahaan.

Apa saja unsur-unsur pembuatan proposal?

Ada banyak seklai unsur-unsur pembuatan proposal yang harus dipenuhi, seperti:

– Nama proposal
– Visi misi atau tujuan dibuatnya proposal
– Pendahuluan
– Implementasi kegiatan
– Anggaran biaya
– dan lain-lain.

Audiens sasaran dalam proposal berisi

Audiens sasaran dalam proposal berisi tujuan dibuatnya proposal. Seperti kriteria pelanggan, agen, lembaga, organisasi, atau individu yang dituju untuk dijadikan target market proposal.